Tugas Pokok dan Fungsi

Administrator

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

KANTOR PELAYANAN PERIZINAN TERPADU KOTA LHOKSEUMAWE

Sesuai dengan Peraturan Walikota Lhokseumawe Nomor 17 Tahun 2009 tentang Tugas Pokok, Rincian dan Fungsi Lembaga Teknis Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Lhokseumawe, maka tugas pokok Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KP2T) Kota Lhokseumawe adalah memimpin, mengatur, mengendalikan, mengkoordinasikan, merencanakan, mengawasi, membina dan mengelola administrasi, kepegawaian, keuangan, barang dan perlengkapan serta melakukan inventarisasi terhadap perkembangan pelayanan perizinan dan non perizinan pada Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu.

Rincian tugas Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KP2T) Kota Lhokseumawe adalah :

  1. Menetapkan rencana dan program kerja KP2T;
  2. Menetapkan petunjuk pelaksanaan tugas dalam lingkungan KP2T;
  3. Membina para pegawai dalam pelaksanaan tugas dalam dengan memberikan motivasi, bimbingan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja;
  4. Mengawasi pemberian pelayanan sesuai dengan prinsip pelayanan dan standar pelayanan minimal;
  5. Menyusun/menyiapkan produk hukum sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsi.

Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut, Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KP2T) Kota Lhokseumawe mempunyai fungsi:

  1. Perumusan program dilingkungan perizinan;
  2. Perumusan kebijakan teknis dalam bidang perizinan;
  3. Penetapan kebijakan teknis di bidang perizinan;
  4. Pengawasan penyusunan kebijakan umum daerah di bidang perizinan;
  5. Pengkoordinasian kegiatan dengan instansi terkait di bidang perizinan;
  6. Pengusulan anggaran dilingkungan perizinan;
  7. Penyusunan program-program tahunan sebagai pelaksanaan rencana yang dibiayai oleh daerah ataupun yang diusulkan kepada Pemerintah tingkat atasan untuk dimasukkan kedalam program tahunan provinsi dan nasional;
  8. Pelaksanaan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Susunan Organisasi Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KP2T) Kota Lhokseumaweterdiri dari:

  1. Kepala Kantor;

Kepala Kantor mempunyai uraian tugas sebagai berikut :

  1. Membuat rencana kerja berdasarkan peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang masing-masing agar memahami tugasnya;
  3. Memberi petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar;
  4. Mengkoordinasikan dan mengevaluasi pelaksanaan pekerjaan bawahan dan mengecek hasilnya secara langsung atau melalui laporan untuk mengetahui kelancaran serta hambatan yang terjadi;
  5. Membina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktifitas kerja dan pengembangan karir;
  6. Menetapkan rencana dan program kerja KP2T;
  7. Menetapkan petunjuk pelaksanaan tugas dalam lingkungan KP2T;
  8. Membina para pegawai dalam pelaksanaan tugas dalam dengan memberikan motivasi, bimbingan untuk meningkatkan efesiensi dan efektifitas kerja;
  9. Mengawasi pemberian pelayanan sesuai dengan prinsip pelayanan dan standar pelayanan minimal;
  10. Menyusun/menyiapkan produk hukum sesuai dengan bidang tugasnya;
  11. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsi.
  1. Sub Bagian Tata Usaha;

Sub Bagian Tata Usaha mempunyai tugas mengumpulkan bahan pembinaan dan petunjuk teknis di bidang pengelolaan administrasi umum, kepegawaian dan administrasi keuangan, dengan rincian tugas sebagai berikut :

  1. Menyusun rencana dan program kerja sub bagian tata usaha;
  2. Mengumpulkan bahan-bahan pembinaan penyusunan kebijakan pelaksanaan kegiatan dalam bidang tata usaha;
  3. Mengumpulkan bahan-bahan pembinaan dalam penyusunan konsep kebijakan dalam bidang tata usaha;
  4. Mengumpulkan bahan-bahan pembinaan dalam penyusunan konsep produk hukum daerah di bidang tata usaha;
  5. Melaksanakan urusan rumah tangga, administrasi perkantoran, perlengkapan keprotokolan dan hubungan masyarakat;
  6. Melaksanakan pengelolaan kearsipan dan pendokumentasian kegiatan unit kerja;
  7. Menyelenggarakan pembinaan pegawai dan pengelolaan administrasi kepegawaian;
  8. Menyelenggarakan pengelolaan administrasi keuangan;
  9. Melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan unit kerja;
  10. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokoknya.
  1. Seksi Perencanaan, Pengembangan, Evaluasi dan Pelaporan;

Seksi Perencanaan, Pengembangan, Pelaporan dan Evaluasi mempunyai tugas mengumpulkan bahan pembinaan dan petunjuk teknis dalam bidang perencanaan, pengembangan, pelaporan dan evaluasi, dengan rincian tugas sebagai berikut :

  1. Menyusun rencana dan program kerja seksi perencanaan, pengembangan, pelaporan dan evaluasi;
  2. Menyusun rencana kegiatan dan anggaran serta dokumen pelaksanaan anggaran;
  3. Mengumpulkan bahan-bahan pembinaan dalam penyusunan kebijakan pelaksanaan kegiatan dalam bidang perencanaan, pengembangan, pelaporan dan evaluasi;
  4. Mengumpulkan bahan-bahan pembinaan dalam penyusunan konsep kebijakan dalam bidang perencanaan, pengembangan, pelaporan dan evaluasi;
  5. Mengumpulkan bahan-bahan pembinaan dalam penyusunan konsep produk hukum daerah di bidang perencanaan, pengembangan, pelaporan dan evaluasi;
  6. Mengumpulkan bahan-bahan pembinaan dan petunjuk teknis dalam bidang perencanaan, pengembangan, pelaporan dan evaluasi;
  7. Merencanakan kebutuhan sarana dan prasarana seksi perencanaan, pengembangan, pelaporan dan evaluasi;
  8. Mengumpulkan bahan-bahan atau data untuk pengembangan dan peningkatan pelayanan publik;
  9. Menyusun konsep kebijakan penetapan norma, standard dan pedoman dalam bidang perencanaan, pengembangan, pelaporan dan evaluasi;
  10. Mengkoordinasikan penyiapan rencana/program kerja seksi perencanaan, pengembangan, pelaporan dan evaluasi;
  11. Menyiapkan dokumentasi dan pengolahan dalam bidang perizinan;
  12. Melaksanakan evaluasi laporan kerja bidang perizinan;
  13. Menyelenggarakan kerjasama dalam bidang perizinan;
  14. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokoknya.
  1. Seksi Pelayanan Perizinan;

Seksi Pelayanan Perizinan mempunyai tugas mengumpulkan bahan pembinaan dan petunjuk teknis dalam bidang Pelayanan Perizinan, dengan rincian tugas sebagai berikut :

  1. Menyusun rencana dan program kerja seksi Pelayanan Perizinan;
  2. Mengumpulkan bahan-bahan pembinaan dalam penyusunan kebijakan pelaksanaan kegiatan dalam bidang Pelayanan Perizinan;
  3. Mengumpulkan bahan-bahan pembinaan dalam penyusunan konsep kebijakan dalam bidang Pelayanan Perizinan;
  4. Mengumpulkan bahan-bahan pembinaan dalam penyusunan konsep produk hukum daerah di bidang Pelayanan Perizinan;
  5. Mengumpulkan bahan-bahan pembinaan dan petunjuk teknis dalam bidang Pelayanan Perizinan;
  6. Menerima dan memeriksa kelengkapan berkas serta memberitahukan kepada pemohon tentang lengkap atau tidaknya persyaratan permohonan;
  7. Mengumpulkan bahan untuk pemeriksaan lapangan oleh tim teknis;
  8. Memproses berkas yang telah lengkap dan penyiapan surat keputusan izin untuk ditandatangani;
  9. Menyimpan data tentang pelayanan perizinan;
  10. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokoknya.
  1. Seksi Informasi dan Pengaduan;

Seksi Informasi dan Pengaduan mempunyai tugas mengumpulkan bahan pembinaan dan petunjuk teknis dalam bidang Informasi dan Pengaduan, dengan rincian tugas sebagai berikut :

  1. Menyusun rencana dan program kerja seksi Informasi dan Pengaduan;
  2. Mengumpulkan bahan-bahan pembinaan dalam penyusunan kebijakan pelaksanaan kegiatan dalam bidang Informasi dan Pengaduan;
  3. Mengumpulkan bahan-bahan pembinaan dalam penyusunan konsep kebijakan dalam bidang Informasi dan Pengaduan;
  4. Mengumpulkan bahan-bahan pembinaan dalam penyusunan konsep produk hukum daerah di bidang Informasi dan Pengaduan;
  5. Memberikan informasi kepada masyarakat berkenaan dengan pelayanan perizinan dan non perizinan;
  6. Memberikan penyuluhan tentang perizinan dan non perizinan kepada masyarakat;
  7. Menerima pengaduan tentang pelaksanaan pelayanan perizinan dan non perizinan oleh KP2T;
  8. Menerima pengaduan masyarakat;
  9. Memberikan saran dan pertimbangan penyelesaian mengenai pengaduan masyarakat;
  10. Memproses pengaduan yang diterima dari masyarakat;
  11. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokoknya.
  1. Seksi Penelitian, Pengendalian dan Pengawasan;

Seksi Penelitian, Pengendalian dan Pengawasan mempunyai tugas mengumpulkan bahan pembinaan dan petunjuk teknis dalam bidang Penelitian,Pengendalian dan Pengawasan,dengan rincian tugas sebagai berikut :

  1. Menyusun rencana dan program kerja seksi Penelitian, Pengendalian dan Pengawasan;
  2. Mengumpulkan bahan-bahan pembinaan dalam penyusunan kebijakan pelaksanaan kegiatan dalam bidang Penelitian, Pengendalian dan Pengawasan;
  3. Mengumpulkan bahan-bahan pembinaan dalam penyusunan konsep kebijakan dalam bidang Penelitian, Pengendalian dan Pengawasan;
  4. Mengumpulkan bahan-bahan pembinaan dalam penyusunan konsep produk hukum daerah di bidang Penelitian, Pengendalian dan Pengawasan;
  5. Mengumpulkan bahan-bahan pembinaan perencanaan pengembangan dalam rangka peningkatan kinerja KP2T;
  6. Melaksanakan operasionalisasi pengawasan dan pengendalian kebijakan tentang perizinan;
  7. Mengkoordinasikan terhadap pelaksanaan pengembangan, pengawasan dan pengendalian;
  8. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokoknya.

DOWNLOAD FILE

Back to Top